Istilah penilaian autentik tersusun dari dua kata
yaitu penilaian dan autentik.
Penilaian (assessment) adalah suatu kegiatan untuk melakukan prosedur pengukuran (kuantitatif) melalui pengujian, pengamatan, pencatatan dan pendokumentasian informasi
secara langsung atau tidak langsung
tentang peserta didik atau program. Penilaian merupakan suatu proses yang sistematik dalam pengumpulan
data untuk perumusan keputusan
terhadap efektifitas dan
keberhasilan suatu program berdasarkan
prosedur operasi standar dan prinsip-prinsip
ilmiah secara tepat. Mengacu pada Permendikbud Nomor 23 tahun 2013,
standar penilaian pendidikan
adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaianhasil
belajar peserta didik.
Menurut Trianto beliau menjelaskan bahwa penilaian
adalah suatu usaha untuk
mendapatkan berbagai informasi secara berkala,berkesinambungan,
dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan
dan perkembangan yang telah
dicapai oleh siswa.
Sementara itu, Kokom Komalasari menyatakan bahwa
penilaian merupakan proses
pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur
pencapaian hasil belajar siswa. Pendapat tersebut
senada dengan Imas Kurinasih
dan Berlin Sami menyatakan
bahwa penilaian merupakan
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Kunandar mendefinisikan bahwa penilaian sebagai
suatu proses dalam
mengumpulkan berbagai data maupun informasi yang dapat memberikan
gambaran tentang perkembangan belajar siswa.
Selanjutnya, M. Hosnan menyatakan bahwa penilaian
merupakan kegiatan guru yang dimaksudkan
untuk mengukur kompetensi atau kemampuan tertentu terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
dalam kegiatan pembelajaran.
Dari pendapat beberapa ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa penilaian adalah proses pengumpulan
berbagai macam data untuk mengetahui
perkembangan tahap demi tahap pada proses belajar siswa. Gambaran
perkembangan peserta didik sangat perlu diketahui
oleh guru agar bisa mengetahui
sejauh apa perkembangan peserta didiknya.
Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran aspek
melaksanakan penilaian autentik adalah sebagai berikut:
1.
Menilai sikap dalam pembelajaran
2.
Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran
3.
Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran
(sumber: instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran
kurikulum 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar