Persepsi
merupakan proses aktif memilah, menata dan menafsirkan orang,
obyek, kejadian, situasi dan aktivitas (Wood, 1997: 47). Manusia memilah
hanya hal ihwal tertentu dalam hidup mereka, lalu menata dan menafsirkannya
secara selektif. Persepsi membentuk bagaimana
manusia memahami orang lain dan dunianya sekaligus berbagai pilihan
yang diambil dalam hidup mereka. Contohnya, bila seseorang beranggapan (perceive)
orang lain sebagai bermusuhan atau menentangnya, maka ia bisa
berinteraksi secara defensif atau meminimalkan komunikasi. Dengan sendirinya,
persepsi memotivasi seseorang untuk bersikap dan bertindak dalam
sebagian besar aktivitas hidupnya. Sementara
itu, persepsi dan motivasi tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling
mempengaruhi. Persepsi membentuk pandangan
seseorang terhadap orang lain, dunia dan segala isinya. Pada
gilirannya, pandangan personal ini memotivasi seseorang untuk berpendirian dan
bertindak tertentu. (sumber: http://e-journal.uajy.ac.id/554/2/1KOM03248.pdf)
Dalam Oemar
Hamalik (65:2003) Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang
ditandai dengan timbulnya perasaan dan
reaksi untuk mencapai tujuan. Motivasi memiliki dua komponen, yakni : komponen
dalam (inner component).
komponen dalam adalah perubahan dalam diri seseorang, keadaan merasa tidak puas, ketegangan psikologis.
Komponen luar ialah apa yang diinginkan
seseorang, tujuan yang menjadi arah tingkah lakunya,
sedangkan komponen luar adalah
tujuan yang hedak dicapai. (sumber: http://a-research.upi.edu/operator/upload/s_ktp_0704623_chapter_ii.pdf)
Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran yang
diamati dalam aspek
persepsi dan motivasi adalah sebagai berikut:
(1)
mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran
sebelumnya.
(2) mengajukan pertanyaan menantang.
(3) menyampaikan manfaat materi
pembelajaran.
(4) mendemonstrasikan sesuatu yang
terkait dengan materi pembelajaran.
(sumber: instrumen supervisi
pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar