Rabu, 29 April 2020

Konsep 3 Persepsi dan Motivasi



Persepsi merupakan proses aktif memilah, menata dan menafsirkan orang, obyek, kejadian, situasi dan aktivitas (Wood, 1997: 47). Manusia memilah hanya hal ihwal tertentu dalam hidup mereka, lalu menata dan menafsirkannya secara selektif. Persepsi membentuk bagaimana manusia memahami orang lain dan dunianya sekaligus berbagai pilihan yang diambil dalam hidup mereka. Contohnya, bila seseorang beranggapan (perceive) orang lain sebagai bermusuhan atau menentangnya, maka ia bisa berinteraksi secara defensif atau meminimalkan komunikasi. Dengan sendirinya, persepsi memotivasi seseorang untuk bersikap dan bertindak dalam sebagian besar aktivitas hidupnya. Sementara itu, persepsi dan motivasi tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling mempengaruhi. Persepsi membentuk pandangan seseorang terhadap orang lain, dunia dan segala isinya. Pada gilirannya, pandangan personal ini memotivasi seseorang untuk berpendirian dan bertindak tertentu. (sumber: http://e-journal.uajy.ac.id/554/2/1KOM03248.pdf)
Dalam Oemar Hamalik (65:2003) Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Motivasi memiliki dua komponen, yakni : komponen dalam (inner component). komponen dalam adalah perubahan dalam diri seseorang, keadaan merasa tidak puas, ketegangan psikologis. Komponen luar ialah apa yang diinginkan seseorang, tujuan yang menjadi arah tingkah lakunya, sedangkan komponen luar adalah tujuan yang hedak dicapai. (sumber: http://a-research.upi.edu/operator/upload/s_ktp_0704623_chapter_ii.pdf)
Instrumen  supervisi pelaksanaan pembelajaran yang diamati dalam aspek persepsi dan motivasi adalah sebagai berikut:
(1) mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
(2) mengajukan pertanyaan menantang.
(3) menyampaikan manfaat materi pembelajaran.
(4) mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
(sumber: instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar