Minggu, 03 Mei 2020

Konsep 9 Penguasaan Materi Pelajaran


Materi pembelajaran merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembe-lajaran. Materi pembelajaran adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa beru-pa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Oleh sebab itu, materi pembelajaran adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/ suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Materi pembelajaran dapat berupa: (1) Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, (2) Audio Visual seperti: video/film, VCD, (3) Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH, (4) Visual: foto, gambar, model/maket, dan (5)Multi Media: CD interaktif, komputer Based, Internet diambil dari Depdiknas (2006 :13) Penguasaan materi pembelajaran menjadi hal yang utama.
 Dalam hal ini, menurut Amri dan Ahmadi, materi pembelajaran disusun secara logis dan sistematis dalam bentuk: (1) Teori seperangkat konstruk atau konsep, definisi atau preposisi yang saling berhubungan, yang menya-jikan hubunganhubungan antara variabel-varia-bel dengan maksud menjelaskan dan meramal-kan gejala tersebut. (2) Konsep; suatu abstraksi yang dibentuk oleh organisasi dari kekhususankekhususan, merupakan definisi singkat dari sekelompok fakta atau gejala. (3) Generalisasi; kesimpulan umum berdasarkan hal-hal yang khusus, bersumber dari analisis, pendapat atau khu-sus, bersumber dari analisis, pendapat atau pem-buktian dalam penelitian. (4) Prinsip; yaitu ide utama, pola skema yang ada dalam materi yang mengembangkan hubungan antara beberapa konsep. (5) Prosedur; yaitu seri langkah-langkah yang berurutan dalam materi pelajaran yang harus dilakukan peserta didik. (6) Fakta; sejumlah informasi khusus dalam materi yang dianggap penting, terdiri dari terminologi, orang dan tem-pat serta kejadian. (7) Istilah, kata-kata perbendaharaan yang baru dan khusus yang diperkenalkan dalam materi contoh/ilustrasi, yaitu hal atau tindakan atau proses yang bertujuan untuk memperjelas suatu uraian atau pendapat. (8) Definisi; yaitu penjelasan tentang makna atau pengertian tentang suatu hal/kata dalam garis besarnya. (9) Preposisi; yaitu cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan kurikulum. (sumber: Roos M. S. Tuerah, Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 2, April 2015, hlm. 137-154)
              Sedangkan menurut intrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, aspek yang diamati dalam penguasaan materi pelajaran adalah (1) kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran. (2) kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan IPTEK dan kehidupan nyata. (3) menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat. (4) menyajikan materi secara sistematis dari yang mudah kesulit dan dari yang konkrit ke abstrak. (sumber: instrumen ssupervisi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar