Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap
orang untuk belajar dan manampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi,
pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar (AECT 1994), Menurut Dirjen Dikti
(1983: 12), sumber belajar adalah segala sesuatu dan bagaimana seseorang
mempelajari sesuatu. Degeng (1990: 83) menyebutkan sumber belajar mencakup
semua sumber yang mungkin dapat dipergunakan oleh pebelajar agar terjadi
prilaku belajar. Dalam proses belajar komponen sumber belajar dapat
dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar
yang direncanakan maupun sumber belajar yang dimanfaatkan.
Sumber belajar yang beraneka ragam disekitar kehidupan peserta didik,
baik yang didesain maupun non desain belum dimanfaatkan
secara optimal dalam pembelajaran. Sebagian besar guru kecenderugan dalam
pembelajaran memanfaatkan buku teks dan guru sebagai sumber belajar utama.
Ungkapan ini diperkuat oleh Parcepal dan Ellington (1984), bahwa dari sekian
banyaknya sumber belajar hanya buku teks yang banyak dimanfaatkan. Seperti
halnya, banyak sumber belajar di perpustakaan yang belum dikenal dan
belum diketahui penggunaannya. Keadaan ini diperparah dimana pemanfaatan buku
sebagai sumber belajar masih bergantung pada kehadiran guru, jika guru tidak
hadir maka sumber belajar lain termasuk bukupun tidak dapat dimanfaatkan oleh
peserta didik. Oleh karena itu kehadiran guru secara fisik mutlak diperlukan,
disisi lain sebenarnya banyak sumber belajar disekitar kehidupan peserta didik
yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.
Dalam kaitan dengan pemanfaatan alam sekitar dalam pembelajaran Science,
Richarson dalam Suthardi, (1981:147) mengemukakan, “Science necessarily
begins in the environment in which we live. Consequently the students study of
science should have this orientation”. Dari alam sekitar peserta didik
dapat dibimbing untuk mempelajari berbagai macam masalah kehidupan. Akan tetapi
pemanfaatan alam sekitar sebagai sumber belajar sangat tergantung pada guru.
Ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi usaha pemanfaatan alam sekitar sebagai
sumber belajar yaitu (a) kemauan guru (b) kemampuan guru untuk dapat melihat
alam sekitar yang dapat digunakan untuk pembelajaran (c) kemampuan guru untuk
dapat menggunakan sumber alam sekitar dalam pembelajaran. (sumber: https://naratekpend.wordpress.com/2012/08/27/pemanfaatan-sumber-belajar/)
Sedangkan menurut instrumen
supervisi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, aspek yang diamati dalam pemanfaatan sumber
belajar atau media pembelajaran adalah (1) menunjukkan ketrampilan dalam
penggunaan sumber belajar pembelajaran. (2) menunjukkan ketrampilan dalam
penggunaan media pembelajaran. (3) menghasilkan pesan yang menarik. (4)
melibatkan pesertas didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran. (5)
melbatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
mana PPT dan judul nya ?
BalasHapusMasih on proses ustadz. Maaf.
BalasHapus